“Ekstrak tangkai daun kelor memiliki kandungan senyawa alkaloid, sinin, dan tanin yang menghasilkan antioksidan, sehingga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Manfaat yang ada dalam tangkai kelor ini akan disandingkan dengan teh hijau yang juga memiliki banyak kandungan manfaat berupa polifenol yang juga antioksidan,” tutur dia. Melalui Morish Tea, lima mahasiswa UB ini meraih https://www.dioceseinfo.org/ special award dan silver medal dalam kompetisi Seoul International Invention Fair. Kompetisi yang diadakan pada 16-19 November 2022 ini diikuti oleh lebih dari 600 peserta dari 30 negara. Ke depan, Rozi dan tim berencana mengembangkan Morish Tea untuk siap jual. “Karena kami juga sudah bekerjasama dengan halal hub Sumenep dan bermitra dengan beberapa pengusaha di Sumenep. Saat ini sudah dapat izin PIRT dan sedang proses sertifikasi halal,” tegas dia. Dengan adanya produk ini diharapkan dapat memanfaatkan limbah daun kelor serta mampu mewujudkan SDGs 2030 pada poin 3, yaitu kehidupan sehat dan sejahtera.

Melalui Morish Tea pula, Rozi dan tim berharap produknya mampu memberikan kehidupan yang sehat dan turut mengurangi angka kemiskinan dengan memberdayakan masyarakat khususnya di daerah Sumenep, Madura.

Selama ini, banyak peneliti yang melakukan penelitian tetapi hanya untuk pengembangan ilmu itu sendiri. Padahal, seharusnya hasil penelitian bisa berguna atau bermanfaat bagi masyarakat. Hal inilah yang mendorong Pusat Riset Rekayasa Genetika, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melakukan penandatanganan kerjasama dengan Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin (Unhas). Adapun kerja sama tersebut dalam rangka Penelitian dan Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di bidang Farmasi dan Rekayasa Genetika. Latar belakang lainnya karena penelitian penemuan obat berbasis bioresources oleh peneliti lebih terfokus pada ilmu pengetahuan untuk pengembangan ilmu itu sendiri (science for science).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *